Home » , , , » Sejarah Team Bologna

Sejarah Team Bologna

Written By Ardian on 02 June 2012 | 6:26 AM

Sejarah tim Serie A lain: Daftar Prestasi Club:

Bologna Football Club 1909 adalah klub sepakbola Italia yang bermarkas di kota Bologna. Tanggal 3 Oktober 1909 Bologna resmi didirikan oleh Emilio Arnstein yang berkebangsaan Austria dengan nama klub AGC Bologna. Saat kuliah di Universitas Vienna, Arnstein sangat tertarik terhadap dunia sepakbola, dimana sebelumnya beliau dan saudaranya telah mendirikan klub sepakbola yang berada di Austria, Black Star FC. Maret 1910 AGC Bologna menggelar laga pertamanya dengan mengalahkan klub Virtus dengan skor telak 9-1.
Musim 1919/1920 Bologna mulai mengikuti kompetisi di Italia dan di musim itu hanya bisa mencapai babak semifinal kompetisi. Bologna akhirnya bisa menjuarai Seri A untuk pertama kalinya musim 1924/1925 dan memenangkannya lagi empat tahun kemudian. Sebelum Perang Dunia II dimulai, Bologna telah mengumpulkan gelar scudetto sebanyak enam kali.
Setelah Perang Dunia II berakhir, Bolognapun seperti kehilangan kekuatannya, sepanjang era tahun 1950-an sampai 1960-an Bologna tidak bisa menorehkan prestasi. Bologna baru bisa mengecap scudetto Seri A lagi di musim 1963/1964. Memasuki era tahun 1980-an sampai 1990-an, Bologna lebih sering bermain di kancah Seri B dan pernah juga mencicipi kompetisi yang lebih rendah yaitu Seri C1 tahun 1993. Namun Bologna mulai memperbaiki bentuk managemennya dan berhasil naik ke Seri A musim 1988/1989 setelah empat musim sebelumnya bertarung di Seri B.
Setelah tahun 1993 terdegradasi ke Seri C1, tahun 1996 Bologna sudah berhasil naik ke Seri A dan selang dua tahun kemudian berhasil memperoleh kesuksesannya di panggung Eropa dengan memenangkan Piala Intertoto sehingga berhak memperoleh tiket untuk berlaga di kompetisi Piala UEFA. Status Bologna di Seri A berakhir sampai musim 2004/2005, Bologna turun lagi ke Seri B di musim 2005/2006 karena kalah di babak playoff Seri A dari klub Parma. Tiga musim di Seri B, Bologna naik lagi ke Seri A dengan status sebagai runner up Seri B. Namun performa Bologna di Seri A jauh dari harapan pendukungnya dimana tiga musim terakhir Bologna hanya mampu untuk menghindari zona degradasi ke Seri B.
Bologna telah memenangkan scudetto sebanyak tujuh kali dan merupakan klub paling sukses keenam dalam sejarah sepakbola Italia. Bologna menggunakan Stadion Renato Dall'Ara untuk menggelar laga kandangnya. Bologna dijuluki dengan sebutan Rossoblu yang artinya merah-biru (mengarah ke warna jersey tim Bologna).


Sumber: bola.vivanews.com

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger