Home » , , , » Sejarah Team Newcastle United

Sejarah Team Newcastle United

Written By Ardian on 31 May 2012 | 5:13 PM

 
 Newcastle United F.C (Newcastle United Football Club) adalah sebuah klub profesional Inggris yang sudah ada sejak tahun 1881, yang kemudian resmi di dirikan pada tahun 1893. Klub ini bermarkas di Newcastle upon Tyne, Inggris, dan memiliki julukan The Magpies. Sejarah panjang Newcastle United dimulai dengan perseturuan antara dua klub yaitu Newcastle East End dan Newcastle West End. Perseturuan ini diakhiri pada tahun 1892 ketika Newcastle East End yang pada saat itu adalah klub yang paling dominan di antara keduanya, dan klub Newcastle West End sebaliknya sedang mengalami krisis finansial. Akhirnya kedua kubu sepakat untuk menggabungkan diri dan membentuk satu klub yang lebih solid dengan nama Newcastle United pada tahun 1893.
Stadion yang di pakai Newcastle adalah St James’ Park, yang terletak di wilayah Newcastle upon Tyne, Inggris, dan  berkapasitas 52.381 kursi penonton. Selain menetapkan St James’ Park sebagai markas klub baru tersebut, mereka mengganti seragam yang pada awalnya berwarna merah dan putih menjadi garis hitam putih. Klub baru tersebut terpilih untuk masuk ke dalam Liga Sepak Bola di tahun 1893, dan di tahun-tahun selanjutnya Newcastle United menjadi bahan pembicaraan di berbagai media masa di Inggris pada waktu itu.
Gelar domestik yang pernah di raih sepanjang sejarah sejak berdirinya klub adalah 4x Juara Premier League (1905, 1906, 1907, 1929), 6x Piala FA (1910, 1924, 1932, 1951, 1952, 1955), serta 1x Piala FA Community Shield pada tahun 1909.  Sedangkan di kancah eropa, The Magpies pernah mencicipi trofi Piala UEFA (saat itu masih bernama Piala Fairs) pada tahun 1969, serta 1x  Piala Intertoto pada tahun 2006 silam. Tahun 1993 bertepatan dengan usia seratus tahun klub, Newcastle United berhasil mendapatkan promosi untuk masuk ke Divisi Utama Liga Inggris yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama English Premier League.   Pada musim ini, Newcastle bermain di Liga Premier Inggris. Mereka sempat terdegradasi, namun berhasil kembali promosi ke Liga Primer Inggris di musim 2010-2011.
Kevin Keegan merupakan mantan pemain sepak bola yang merupakan legenda Newcastle United dan juga mantan pelatih The Magpies selama dua periode, yakni, antara tahun 1992-1997 dan kemudia sempat kembali lagi menangani Newcastle pada tahun 2008, sebelum akhirnya di pecat. Dia di juluki King Kevin, karena kehebatan keegen saat menjadi pemain pada era-nya. Selain Keegan, Alan Shearer juga merupakan satu dari sekian banyak pemain Newcastle yang menjadi legenda Inggris. Shearer adalah pencetak gol terbanyak di Liga Inggris, saat masih menjadi pemain Newcastle United dan Blackburn Rovers, dan termasuk anggota dalam Club of 100 di Inggris, suatu kelompok eksklusif bagi pesepak bola yang telah mencetak 100 lebih gol di Liga Inggris.

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger