Home » , , , » Sejarah Team Swansea City

Sejarah Team Swansea City

Written By Ardian on 31 May 2012 | 4:50 PM



 Swensea City Association Football Club merupakan salah satu klub profesional sepakbola yang berbasis di kota Swansea, Wales. Dibentuk pada 1912 dan bergabung dengan kompetisi Football League -- kasta kedua sepakbola Inggris di bawah Liga Primer Inggris -- sejak tahun 1921.

Sebelumnya Klub ini dikenal dengan nama Swansea Town, namun di tahun 1969, mereka mengadopsi nama Swansea City untuk merefleksikan status baru Swansea juga sebagai sebuah kota.

Dalam kurun antara tahun 1981 dan 1983, Swansea mampu merepresentasikan kekuatan mereka di Football League First Division -- nama awal kompetisi Liga Primer Inggris -- dan finis di posisi keenam dalam musim pertamanya di level tersebut sebelum pada 1992 diciptakanlah format baru dengan nama Premier League -- Liga Primer Inggris -- dengan mengklasifikasikan yang terdegradasi ke divisi dua yang disebut Championship. Sejak itu, Swansea terus berkutat di ajang kelas dua tersebut.

Pada 2005, Swansea City resmi memainkan pertandingan kandang pertama mereka di markas baru, Liberty Stadium, stadion yang juga dimiliki bersama dengan klub olahraga rugby, Ospreys Rugby Union Club, setelah sebelumnya "rumah" Swansea bermukim di Vetch Field.

Para pemuja Swansea dikenal dengan sebutan 'Jacks'. Satu alasan kuat kenapa dinamakan demikian, sebab selama abad ke-17 para pelaut yang berasal dari kota Swansea sangat dihormati dan dengan karena reputasinya yang elegan.

Tepat di musim kemarin 2010/11 setelah 29 tahun tenggelam di ajang Championship, Swensea akhirnya kembali mengalami keberhasilan besar dengan sanggup mengamankan tiket promosi ke Liga Primer Inggris melalui babak play off setelah finis di posisi ketiga Championship. Di samping mereka naik kasta, klub berjuluk The swans ini membuat catatan sejarah baru dengan menahbiskan diri sebagai klub asal Wales pertama yang bermain di level teratas sepakbola Inggris.

Swansea juga menjadi klub ke-45 yang berkancah di kompetisi ini sejak beralih format pada 1992.

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger