Home » , , » Sejarah Team Blackburn Rovers

Sejarah Team Blackburn Rovers

Written By Ardian on 31 May 2012 | 4:52 PM




 
Blackburn Rovers adalah salah satu klub tertua di Inggris dan juga merupakan salah satu pendiri 'Football League'. Didirikan tahun 1875 oleh alumni 'Shrewsbury School', John Lewis, untuk bertanding dibawah peraturan asosiasi sepakbola. John Lewis mengorganisir pertemuan untuk pendirian klub yang dihadiri oleh belasan orang alumni lain, terutama alumni 'Blackburn Grammar School'. 5 tahun berikutnya klub sepakbola itu telah menjadi klub sepakbola profesional.

Pada tahun 1890, The Rovers pindah ke markas mereka yang permanen, Ewood Park, setelah sebelumnya mereka tidak mempunyai kandang tetap. Blackburn adalah penguasa piala FA pada tahun 1884-1891, dalam 8 tahun itu saja mereka berhasil menjuarai turnamen sepakbola tertua itu dengan 5 kali. Sayangnya setelah itu mereka benar-benar tenggelam selama 30 tahun sebelum akhirnya mereka bisa memenangi piala FA tahun 1928. Itu adalah piala FA terakhirnya sampai sekarang.

Era Sir Jack Walker

Di kompetisi liga, Blackburn sangatlah miskin gelar, tidak ada satupun gelar juara liga mereka raih sampai tahun 1994. Mereka benar-benar tertidur selama 120 tahun, ketika pada tahun 1992 seorang Jack Walker, miliuner pengusaha baja, datang membawa segudang uang untuk 'membangunkan' Blackburn, klub kesayangannya sejak kecil. Jack Walker membeli Blackburn tahun 1992 ketika Blackburn masih berada di divisi II. Setelah itu tidak tanggung-tanggung dia langsung membujuk Kenny Dalglish, mantan manager Liverpool yang mengundurkan diri beberapa bulan sebelumnya. Kenny Dalglish adalah salah satu manager tersukses di Liverpool (5 gelar dalam 6 tahun memimpin si Merah) dan dia juga mantan pemain legendaris klub asal The Beatles tersebut. Dalglish setuju menangani Blackburn, dan ia juga diberikan dana besar untuk membeli pemain. Alan Shearer menjadi pemain termahal liga Inggris ketika dibeli Blackburn saat itu seharga 3.6 juta pounds dari klub Southampton. Selain Shearer, salah satu pemain terkenal lainnya adalah Chris Sutton untuk diduetkan dengan Shearer di depan dan bek tengah Colin Hendry, yang nantinya menjadi salah satu legenda Blackburn.

Dan pada puncaknya, musim 1994-1995, Blackburn menjadi kampiun Liga Inggris. Duet Shearer dengan Sutton benar-benar mematikan, orang menamai duet 'SAS', Shearer and Sutton. Dari 5 tahun yang dijanjikan oleh Dalglish untuk menjadi juara liga Inggris, dia menepatinya lebih cepat dengan hanya 3 tahun saja. Bukan pekerjaan mudah memang, karena Blackburn benar-benar klub yang baru naik ke divisi utama sewaktu dia pimpin.

Pasca Jack Walker

Namun setelah Jack Walker mengalami sakit karena kanker, Rovers juga perlahan mundur dan bahkan sempat terdegradasi dari divisi utama. Dalam kepemimpinan Graeme Souness, Blackburn juga seakan hanya menjadi klub penggembira di Premiership yang ketat. Baru setelah Mark Hughes datang, Rovers lebih bisa naik menjadi papan tengah liga Premier. Sekarang setelah Mark Hughes pergi ke Manchester City pada musim panas 2008, Paul Ince menggantikannya.

Namun ternyata Ince tidak bertahan lama, tidak sampai satu musim ia telah harus kehilangan jabatannya akibat performa Rovers yang buruk. Paul Ince dipecat dan kemudian didatangkan Sam Allardyce, mantan Bolton yang sukses mengangkat The Trotters menjadi klub yang disegani di Premiership.

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger