Home » , , , » Sejarah Team Real Sociedad

Sejarah Team Real Sociedad

Written By Ardian on 01 June 2012 | 10:21 PM

Real Sociedad de Futbol, S.A.D atau yang sering disebut dengan Real Sociedad adalah klub sepakbola Spanyol yang terletak di kota San Sebastián, Basque Country. Sepakbola pertama kali diperkenalkan di kota tersebut oleh sekumpulan kelompok mahasiswa dan buruh yang baru pulang dari tanah Inggris. Tahun 1904 kedua kelompok tersebut berhasil membentuk klub dengan nama San Sebastian Recreation Club dan setahun kemudian Sociedad sudah bisa berlaga di kejuaraan Copa del Rey. Masih di tahun yang sama, klub pun merubah namanya menjadi San Sebastian Football Club.
Tahun 1909 Sociedad meraih piala pertama Copa del Rey mengalahkan tim Español de Madrid 3-1 di babak final dan klub merubah lagi namanya menjadi Sociedad de Futbol. Tahun 1910 Raja Alfonso XIII memberikan gelar Real sehingga nama klub berubah lagi menjadi Real Sociedad de Futbol yang digunakan hingga sekarang ini.
Tahun 1928 Real Sociedad merupakan salah satu anggota pendiri La Liga. Menjalani era tahun 1940-an Sociedad mengalami masa bergelombang peserta antara La Liga dan Segunda Divison. Periode terbaik dalam sejarah Sociedad datang di awal tahun 1980-an yang berhasil meraih Piala La Liga dua kali berturut-turut sejak tahun 1981.
Era tahun 2000-an posisi terbaik Sociedad di La Liga datang di akhir musim 2002/2003 yang finish di pos kedua mengalahkan dominasi yang saat itu dipegang oleh klub Barcelona dan Valencia. Dua penyerang anyar Sociedad saat itu adalah Nihat dan Kovacevic yang menjadi peraih top skor kedua dan ketiga La Liga di musim tersebut. Bermain di Liga Champions musim 2003/2004 langkah Sociedad terhenti di babak perdelapanfinal setelah kekalahan 0-2 dari tim asal Prancis, Olympique Lyon. Setelah tiga musim terseok-seok di zona degradasi La Liga, Sociedad akhirnya menyerah dan terdegradasi ke Segunda Divison karena finish di pos ke-19 musim 2006/2007. Setelah tiga musim di Segunda Division, Sociedad naik lagi ke La Liga dengan membawa status juara Segunda Division musim 2009/2010. Menjalani musim 2010/2011 di La Liga, Sociedad dipaksa lagi bekerja keras untuk menghindarkan zona degradasi dan akhirnya bisa finish di pos ke-15.
Sociedad menggunakan Stadion Anoeta untuk menggelar laga kandangnya. Sociedad mempunyai julukan sebagai Erreala atau txuri-urdin (si putih-biru) karena jersey yang digunakan Sociedad berwarna biru dengan garis-garis vertikal berwarna putih dan celana berwana putih.

Bola.vivanews.com

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger