Home » , , » Sejarah Team Real Betis

Sejarah Team Real Betis

Written By Ardian on 01 June 2012 | 8:37 PM


Real Betis Balompi S.A.D. adalah sebuah klub sepak bola Spanyol yang berbasis di Seville, dalam komunitas otonom Andalusia. Didirikan pada tanggal 12 September 1907, itu saat ini bermain di La Liga, mengadakan pertandingan kandang di Estadio Benito Villamarn.
Kedua Raja Spanyol Juan Carlos I dan putranya Pangeran Felipe de Borbon adalah anggota kehormatan klub. Mempertahankan persaingan kota bersejarah dengan Sevilla FC, moto adalah Viva eh Betis manque pierda! ("Betis hidup panjang bahkan ketika mereka kalah!")
Nama Real Betis ini berasal dari Baetis, nama Romawi untuk sungai Guadalquivir. Betis awalnya menarik dukungan dari kelas pekerja meskipun sejumlah besar bangsawan, termasuk Raja Spanyol juga mendukung tim. Sebenarnya ditambahkan pada tahun 1914 setelah klub menerima perlindungan dari Raja Alfonso XIII. Beberapa penggemar berpendapat Betis adalah Real benar karena itu adalah yang pertama untuk menerima patronase kerajaan.
Real Betis memenangkan La Liga di tahun 1935, dan Copa del Rey di tahun 1977 dan 2005. Klub ini hampir saja bubar di tahun 1992, saat kemudian diambil alih oleh wakil presiden klub saat itu, Manuel Ruiz de Lopera. Pada tahun 2005, mereka menjuarai Copa del Rey, setelah berhasil menyisihkan CA Osasuna di Stadion Vicente Caldern.
Real Betis juga menjadi tim sepakbola Andalusia pertama yang bermain di Divisi Primera dan Liga Champion, walaupun sebenarnya Sevilla FC telah bermain pada kompetisi ini, namun dalam format lama, yakni Piala Eropa, di musim 1957/1958. Real Betis dan Sevilla FC adalah dua tim rival yang sama-sama berasal dari Seville.

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger