Home » , , , » Sejarah Team Napoli

Sejarah Team Napoli

Written By Ardian on 02 June 2012 | 6:21 AM

Sejarah tim Serie A lain: Daftar Prestasi Club:

Societa Sportiva Calcio Napli atau yang dikenal sebagai Napoli adalah klub sepakbola Italia yang bermarkas di kota Naples. Napoli resmi didirikan pada tahun 1904 oleh pelaut yang berkebangsaan Inggris, William Poths dan Hector M. Bayon dengan nama klub, Naples Football and Cricket Club. Tahun 1906 nama klub diganti menjadi Napoli Football Club dan tanggal 23 Agustus 1926 di bawah asuhan Presiden Giorgio Ascarelli nama klub diganti lagi menjadi Associazione Calcio Napoli. Sejak itu, prestasi Napoli mengalami proses naik turun dan masih berlangsung setelah terjadinya Perang Dunia II. Napoli akhirnya keluar masuk Seri A dan Seri B hingga pertengahan tahun 1960-an dan tanggal 25 Juni 1964 Napoli merubah namanya menjadi Societa Sportiva Calcio Napoli.
Prestasi terbaik Napoli datang di era tahun 1980-an. Tahun 1984 Napoli berhasil mendatangkan sang legendaris, Diego Armando Maradona dari klub Barcelona dan pemian Argentina tersebut menjadi inspirasi klub Napoli di Seri A. Tahun 1987 dengan bantuannya, Napoli berhasil menorehkan sejarah dengan meraih scudetto pertama klub. Masih dengan bantuan Maradona, tahun 1989 Napoli berhasil merebut Piala UEFA dan memenangkan scudetto lagi tahun 1990. Prestasi Napoli kemudian mulai menurun karena kepergian beberapa pemain top termasuk Maradona. Napoli akhirnya terdegradasi lagi ke Seri B di akhir era tahun 1990-an.
Agustus 2004, Napoli pun dinyatakan bangkrut dengan utang yang membludak sekitar 70 juta euro. Produser film asal Italia, Aurelio De Laurentiis kemudian masuk ke dalam kepengurusan managemen untuk membina dan mengangkat lagi performa Napoli yang telah redup. Walaupun dalam kondisi terpuruk, tifosi Napoli masih tetap setia kepada klub tercinta mereka. Mei 2006 Napoli mengganti namanya menjadi Societa Sportiva Calcio Napoli setelah promosi ke Seri B dan berhasil naik ke Seri A untuk mengikuti musim 2007/2008. Perjalanan Napoli di Seri A terbilang bagus karena prestasinya selalu meningkat hingga di akhir musim 2010/2011 dimana Napoli finish di pos ketiga yang berhak mengikuti kompetisi liga Champions untuk musim 2011/2012.
Napoli menggelar laga kandangnya di Stadion San Paolo. Napoli dijuluki sebagai Azzurri (biru) yang mengarah ke warna jersey Napoli.

Sumber: bola.vivanews.com

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger