Home » , , » Sejarah Team Wolverhampton

Sejarah Team Wolverhampton

Written By Ardian on 31 May 2012 | 5:28 PM



Wolverhampton Wanderers adalah nama lengkap klub yang berbasis di kota Wolverhampton, Inggris. Wolverhamton termasuk klub yang paling sukses di liga Inggris. Molineux Stadium adalah markas Wolverhamton Wonderers. "The Wolves" Adalah julukan dari Wolverhamton Wonderers.

Awal Berdiri Wolverhampton

Klub ini didirikan tahun 1877 dengan nama St Luke FC dan 11 tahun kemudian The Wolves, julukan Wolverhampton ikut membidani lahirnya kompetisi Liga Inggris, Football League. Stadion yang kini ditempati klub sejak tahun 1889 adalah Stadion Molineux. Musim 2009/10 ini adalah musim kedua klub setelah kiprah perdana mereka pada musim 2003/04.
Sempat menjuarai Piala FA 1893, Wolves beberapa kali harus turun divisi. Bahkan musim 1922/23, klub terhempas ke Divisi Tiga. Status sebagai peserta Divisi Satu kembali diraih satu dasawarsa berikutnya. Sebelum Perang Dunia II, Wolves disegani di Inggris. Pada 1938/39, mereka nyaris menjuarai liga jika tidak menderita kekalahan 1-0 dari Sunderland. Arsenal akhirnya juara musim itu. Wolves lagi-lagi menjadi runner-up musim berikutnya, kali ini di bawah Everton. Kejayaan baru tercipta pada 1950-an ketika bersama kapten Billy Wright, Wolves menyabet mahkota liga tiga kali.

Era Kejayaan dan Keterpurukan Wolverhampton

Pada era itu, bermain dengan siraman lampu stadion merupakan kemewahan tersendiri. Wolves memasang lampu di Molineux pada 1953. Selama beberapa bulan berikutnya, Wolves banyak mengundang tim-tim luar negeri untuk mengadakan pertandingan persahabatan. Wolves juga mengundang FC Honvest Budapest, yang dianggap penjelmaan timnas Hungaria, Magical Magyars, salah satu tim terkuat di dunia saat itu. Wolves berhasil menang 3-2 dan pers Inggris ramai-ramai mendapuk mereka sebagai "juara dunia". Hal inilah yang kian menyemangati Gabriel Hanot, editor L'Equipe, untuk mencetuskan ide kompetisi antarklub Eropa.
Wolverhampton pernah dua kali mengangkat trofi Piala FA pada tahun 1893 dan 1908. Saat ditangani pelatih Stan Cullis, klub ini mencapai masa keemasan dengan memenangi gelar juara Liga pada musim 1953/54, 1957/58, 1958/59 serta dua Piala FA pada tahun 1949 dan 1960. Selain itu mereka juga menjuarai Football League Cup pada tahun 1974 dan 1980. Kesuksesan Wolverhampton yang lain adalah ketika mereka menembus final Piala UEFA tahun 1972 sebelum akhirnya ditaklukkan Tottenham Hotspur.

Secara kumulatif , dengan koleksi 13 gelar Wolverhampton masuk di urutan 8 daftar klub Inggris paling sukses di bawah Chelsea. Tetapi klub ini mencatat rekor sebagai klub yang memenangi gelar di lima divisi Football League serta menjadi satu-satunya klub yang memenangi semua piala liga (FA Cup, Football League Cup dan Football League Trophy). Selain prestasi di atas, bersama Burnley dan Preston F.C., Wolverhampton mencatatkan diri sebagai klub yang pernah menjuarai keempat divisi liga profesional Inggris.

Wolverhampton Wonderers era 2000-Sekarang

Di musim 2011-2012, Mick McCarthy memimpin pasukan Wolverhampton untuk mengarungi laga-laga di Liga Inggris. Bermodal kombinasi pemain muda dan veteran membuat Wolverhampton cukup di segani di Liga Inggris

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger