Home » , , » Sejarah Team Bolton Wonderes

Sejarah Team Bolton Wonderes

Written By Ardian on 31 May 2012 | 9:43 AM

 

Bolton Wonderers Awal Berdiri s/d 1990an

Bolton Wanderers dibentuk oleh John Farral Wright pada tahun 1874, awalnya mempunyai nama Christ Church FC. Nama Bolton Wanderers sendiri mulai dipakai pada tahun 1877. Bolton adalah salah satu dari 12 pendiri Football League, yang dibentuk tahun 1888.
Tahun 1894 Bolton mencapai final piala FA untuk pertama kalinya, namun di final yang diadakan di Goodison Park tersebut mereka dihantam Notts County 4-1. Perlu waktu satu dekade lagi bagi Bolton untuk bisa mencapai final piala FAnya yang kedua (1904), kali ini pun mereka gagal lagi setelah dikandaskan rival lokalnya, Manchester City 0-1.

1923 FA CupBaru pada tanggal 28 April 1923, atau 19 tahun kemudian, Bolton berhasil menjuarai piala FA untuk pertama kali dengan mengalahkan West Ham United 2-0 di Wembley. Disaksikan 127.000 penonton, final tersebut diberi judul Final Kuda Putih. Setelah kemenangan ini, Bolton seakan membuka pintu kemenangan untuk piala FA berikutnya yaitu tahun 1926 dan 1929. Mereka merajai piala FA untuk dekade tersebut.

Nat Lofthouse & FA CupDari 1935 sampai 1964, Bolton terus bertahan di divisi utama liga Inggris. Fans nya dengan bangga menyebut bahwa era di era inilah masa kejayaan Bolton. Di era inilah Bolton diperkuat oleh pemain legendarisnya, Nat Lofthouse pada sekitar tahun 1950-an. Lofthouse pulalah yang menjadi penentu kemenangan Bolton atas Manchester United di final piala FA dengan dua golnya.

  Di Era Keterpurukan


Setelah memenangkan Piala FA,  Bolton mulai secara perlahan tenggelam dan pada puncaknya mereka benar-benar terdegradasi sampai ke divisi 4 pada tahun 1987. Inilah untuk pertama kalinya dalam sejarah klub tersebut bermain di divisi 4. Uniknya pihak direktur Bolton tidak memecat pelatih Phil Neal dan kepercayaan itu dibayar oleh Neal dengan langsung promosi ke divisi 3 pada tahun pertamanya di divisi 4. Neal tetap memegang Bolton sampai tahun 1992 digantikan oleh Bruce Rioch yang langsung tancap gas lagi membawa Bolton promosi 2 kali untuk masuk ke divisi satu.

Pada Era 1990an

Rioch akhirnya membawa Bolton kembali ke Premiership pada tahun 1995. Sukses Rioch diamati klub besar seperti Arsenal yang langsung meminangnya setelah dia membawa Bolton promosi. Sepeninggal Rioch, Bolton menunjuk duo pelatih, Roy McFarland & Colin Todd. Inilah duo pelatih pertama Bolton dalam sejarahnya. Namun McFarland tidak bertahan lama karena dipecat pada Desember 1995 setelah Bolton hanya berada di dasar klasemen. Kali ini pihak direktur Bolton mempercayakan sepenuhnya pada Colin Todd seorang. Todd ternyata tidak mampu membawa Bolton untuk bertahan di Premiership, pada musim 96/97 tersebut Bolton kemudian kembali terdegradasi ke divisi satu. Dan Todd masih dipercaya untuk tetap memegang Bolton. Lagi-lagi karena loyalitas pihak direktur berbuah, Bolton langsung promosi ke Premiership dengan menjuarai divisi satu. Tahun 1997-1998 atau musim pertama kembalinya ke Premiership, mereka kembali terdagradasi ke divisi satu hanya karena kalah selisih gol. 1998-1999, Bolton gagal promosi karena kalah di final Play Off divisi satu oleh Watford. Kali ini Colin Todd mengundurkan diri dan digantikan oleh Sam Allardyce.

Pada Era 2000s/d Sekarang

Kekuatan Bolton mencapai puncaknya ketika ditangani Sam Allardyce. Meski masih berkutat di papan bawah, pelan-pelan Allardyce membentuk karakter terhadap Bolton. Berturut-turut pada 2004 dan 2005, Allardyce membawa Bolton berjaya dengan menduduki posisi kedelapan dan keenam liga. Prestasi terbaik klub hingga saat ini. Sayangnya, sepeninggal Allardyce, Bolton masih belum mampu melepaskan diri sebagai tim yang lebih sering berkutat di papan bawah klasemen. Saat ini Bolton Wonderers di latih oleh Owen Coyle dan prestasinya tidak menentu.

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger