Home » , , , » Sejarah Team Lazio

Sejarah Team Lazio

Written By Ardian on 02 June 2012 | 5:27 AM

Sejarah tim Serie A lain: Daftar Prestasi Club:

Soceita Podistica Lazio atau yang disebut dengan Lazio merupakan klub sepakbola Italia yang resmi didirikan pada tanggal 9 Januari 1900 di daerah Prati salah satu kota di Roma. Awalnya Lazio didirikan hanya sebagai sarana olahraga di bidang atletik, namun tahun 1902 sarana sepakbola mulai dibentuk. Logo Lazio yang berwujud elang dipilih oleh sang pendiri Lazio, Luigi Bigiarelli. Dimana lambang tersebut diambil dari logo pasukan kerajaan Roma, Aquila.
Tahun 1912 Lazio telah bergabung dengan kompetisi liga Italia dan tahun 1929 berhasil bermain di Seri A. Lazio baru bisa meraih piala tahun 1958 dengan memenangkan gelar Piala Italia. Era tahun 1950-an sampai 1960-an tidak banyak prestasi yang diberikan Lazio. Namun setelah era tersebut, tahun 1974 Lazio pun berhasil meraih scudetto pertamanya.
Lama berkarir di Seri A, tahun 1980 Lazio terdegradasi ke Seri B karena skandal taruhan dan setelah tiga musim di Seri B Lazio bisa naik lagi ke Seri A. Lazio pun berhasil memenangkan gelar Piala Italia tahun 1998 dan Piala Winner tahun 1999. Sejak era millenium prestasi Lazio pun mulai menurun. Kegagalan Lazio masih berlanjut dimana musim kompetisi 2005/2006 Seri A telah berakhir, Lazio bersama dengan beberapa tim lainnya (Milan, Juventus, Fiorentina, dan Reggina) dijatuhi hukuman pengurangan poin akibat skandal calciopoli yang menghebohkan tanah Italia. Walau dengan pengurangan poin di klasemen Seri A, Lazio bisa finish di pos ketiga Seri A  musim 2006/2007. Di musim-musim berikutnya, Lazio hanya mampu finish di papan tengah klasemen Seri A, namun di musim 2010/2011, Lazio baru bisa kembali ke performa tebaiknya dengan berhasil finish di pos kelima.
Lazio selalu memiliki permusuhan besar dengan tifosi Napoli namun Lazio juga menjalin persahabatan yang baik dengan tifosi Inter dan juga Hellas Verona. Kostum utama Lazio berwarna biru langit sehingga dijuluki Biancocelesti yang artinya si putih biru langit. Lazio bersama Roma menggelar laga kandangnya di Stadion Olimpico yang terletak di kota Roma. Kedua klub tersebut telah bersaing dari waktu yang lama dan laga mereka bertajuk Derby della Capitale (Derby Kota Roma) yang diikrarkan sejak tahun 1929.


sumber: bola.vivanews.com

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger