Home » » Jumpa Prancis, Tim Matador Andalkan Iniesta "tsubasa"

Jumpa Prancis, Tim Matador Andalkan Iniesta "tsubasa"

Written By Ardian on 20 June 2012 | 5:58 PM

Sebagian orang mungkin cukup mengenal serial kartun Captain Tsubasa. Dipopulerkan oleh Jepang, tokoh utama dalam serial kartun ini, Tsubasa Ozora ternyata memiliki ketenaran yang cukup mendunia. Tak hanya di Asia, pun di belahan Eropa.

Dalam serial yang mulai ditayangkan di Jepang medio 1980-an ini, sang tokoh utama, Tsubasa Ozora, digambarkan memiliki kemampuan istimewa sebagai pesepak bola. Bahkan, salah satu mantan pemain timnas Jepang, Hidetoshi Nakata pun tak sungkan mengakui kariernya terinspirasi oleh Tsubasa.

Peran yang diemban Nakata saat bermain pun mirip dengan tokoh Tsubasa, yakni sebagai gelandang serang. Memiliki skill di atas rata-rata, dan kerap menjadi andalan timnya dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Menariknya, pada gelaran Euro 2012 di Polandia-Ukraina, muncul sosok "Tsubasa" yang mampu memikat perhatian para penggemar sepak bola di seantero dunia. Tsubasa yang dimaksud di sini tentu bukan tokoh animasi yang bermain untuk tim Nankatsu. Pun bukan Nakata, yang sudah memutuskan gantung sepatu sejak beberapa tahun silam.

Harian kenamaan Spanyol, Marca merilis sebuah kompilasi gambar aksi gelandang andalan La Furia Roja, Andres Iniesta. Dalam sebuah artikelnya, Marca menyamakan Iniesta dengan tokoh kartun buatan Yoici Takahashi tersebut.

Marca menyandingkan foto dua aksi Iniesta kala berlaga melawan Italia dan Kroasia, dengan salah satu cuplikan dalam film Captain Tsubasa. Foto pertama menampilkan Iniesta yang tengah beraksi dengan bola dan dikepung lima pemain Italia. Sementara pada foto lain, terlihat enam orang pemain Kroasia berusaha menahan aksi playmaker andalan Barcelona itu. Di antara dua foto itu, tampak juga gambar Tsubasa yang tengah dikerumuni tujuh pemain lawan.

Secara sekilas, memang ada kemiripan dalam tiga gambar tersebut. Ketiganya menampilkan aksi seorang pemain yang berusaha dihentikan oleh segerombolan pemain lawan. Selain itu, kemiripan lain dari kedua tokoh, Iniesta dan Tsubasa adalahs ama-sama memiliki skill mumpuni dan menjadi andalan di tim masing-masing.

"Aku sudah melihat fotoku yang dikerubut lima pemain (Italia)? Aku sudah melihatnya dan hari ini aku melihat lagi foto yang lain (melawan Kroasia). Aku juga melihat gambar yang dibandingkan dengan serial kartun Tsubasa. Itu sangat lucu dan menghibur,” tutur Iniesta seperti dikutip dari Marca .

Dalam cerita di serial kartun tersebut, Tsubasa berhasil mengantarkan Jepang melaju hingga final Piala Dunia. Prestasi tersebut pun mampu diwujudkan Iniesta bersama Spanyol. Tak tanggung-tanggung, Iniesta tampil sebagai pahlawan Tim Matador melalui gol tunggalnya ke gawang Belanda di final Piala Dunia 2010.

Di Euro 2012, aksi-aksi Iniesta dipastikan akan kembali menjadi daya tarik banyak orang. Setelah berhasil membawa Spanyol melaju ke babak perempat final dengan status juara Grup C, Prancis pun sudah menunggu. Di babak 8-besar itu, Spanyol tentu berharap Iniesta mampu kembali memnculkan aksi-aksi ala Tsubasa itu. Dan bukan tidak mungkin gerombolan pemain Les Bleus pun akan terus berusaha menghentikan Iniesta, seperti laiknya yang dilakukan Italia dan Kroasia.

"Kami antusias memenangi Euro 2012 dan menciptakan sejarah," pungkas Iniesta.

Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger