Home » , , » Sejarah Team Aston Villa

Sejarah Team Aston Villa

Written By Ardian on 31 May 2012 | 4:35 PM

Klub yang memiliki julukan Villans, The Villa, Lions (singa), atau The Claret and Blue (Merah Anggur dan Biru) ini merupakan klub sepak bola profesional yang bermarkas di  Villa Park, Birmingham, Inggris. Aston Villa termasuk salah satu klub tertua dan tersukses di Inggris. Klub yang bermain di Liga Utama Inggris ini merupakan salah satu klub pendiri Liga Sepak Bola pada tahun 1888 dan Liga Utama pada tahun 1992. Villa dibentuk oleh anggota perkumpulan kriket ‘Villa Cross Wesleyan Chapel’ di Aston, kota Birmingham pada tahun 1874. Pada awalnya klub ini dibentuk sebenarnya hanya untuk mengisi waktu dengan olahraga lain dimusim dingin. Dengan maksud lain agar badan tetap bugar dibulan musim dingin. Tanpa sengaja perkumpulan tersebut membentuk sebuah klub yang bertahan sampai dengan 100 tahun lebih dan memenangkan banyak gelar di kemudian hari.

Pertandingan pertama Villa sangatlah tidak biasa, di mana pada babak pertama mereka bermain menurut aturan permainan rugby dan babak kedua menurut aturan permainan sepak bola. Dalam kurun waktu tahun 1890-an, Aston Villa berhasil memenangkan lima gelar dalam tujuh musim. Pada tahun 1897, Villa memenangkan gelar ganda Piala Liga dan juara Liga. Aston Villa berhasil meraih kemenangan Piala FA untuk pertama kalinya pada tahun 1887. Saat itu direktur Aston Villa William McGregor mempunyai keinginan klubnya bermain dalam suatu liga seperti liga baseball Amerika. Karena itulah McGregor saat itu menyurati ke-12 klub papan atas di Inggris untuk merencanakan secara bersama-sama suatu format liga.
Liga yang dibentuk oleh McGregor bernama “Football League” atau “Liga Sepak Bola”. Alasan McGregor tidak memberi nama liga tersebut dengan nama Liga Sepak Bola Inggris adalah karena McGregor mempunyai rencana untuk mengikutsertakan klub Skotlandia dan Wales. Di pembukaan Football League tersebut, Aston Villa langsung menduduki posisi runner-up. Sampai dengan tahun 1920 Aston Villa telah berhasil menjuarai liga sebanyak enam kali dan menjuarai Piala FA sebanyak enam kali pula.

Tetapi sayangnya keberhasilan-keberhasilan tersebut tidak diraih Aston Villa setelah tahun 1920. Villa tidak pernah meraih satu gelar pun. Hingga pada tahun 1957, Villa berhasil meraih kembali gelar juara Piala FA. Warna seragam klub ini yaitu merah keungu-unguan dan biru langit atau biru muda sudah lekat menjadi warna kebanggaan dan terus dipertahankan oleh mereka. Aston Villa juga merupakan satu dari empat klub Inggris yang pernah meraih juara Piala Champions Eropa. Dalam pertandingan tersebut, Villa berhasil menaklukan Bayern Muenchen pada tanggal 26 Mei 1982. Saat ini Villa dilatih oleh mantan pelatih rival sekota mereka Birmingham City yaitu Alex McLeish.


Selamat berbagi ke:
Share this article :
 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger